Ternyata, Begini Cara Pembuatan Plastik dan Bahannya

Cara Pembuatan Plastik

Plastik adalah barang yang sangat mudah ditemui di masyarakat dan sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Seperti untuk membawa makanan, minuman, menaruh barang -barang atau hal lainnya. Hanya saja masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara pembuatan plastik. Untuk itu pemahaman tentang cara membuat plastik juga harus diketahui agar tahu bagaimana proses pengolahan barang yang selalu digunakan.

Bahan Membuat Plastik

Bahan baku membuat plastik sebenarnya ada beberapa seperti minyak bumi, zat karbondioksida, tongkol jagung dan asam akrilat. Minyak bumi yang baru diangkat dari kilang minyak biasanya langsung diolah kemudian dihancurkan menggunakan Tengku panas.

Zat karbondioksida dapat juga digunakan untuk tambahan sebagai bahan pembuatan plastik yang dikombinasikan dengan beberapa jumlah minyak bumi. Tongkol jagung bisa dipakai dalam proses pembuatan plastik karena mengandung zat polylactide polymer.

Adanya plastik yang digunakan sebagai bahan baku plastik dapat mencegah berkurangnya minyak bumi yang jumlahnya semakin lama semakin menipis di masyarakat. Didalam jeruk juga terdapat kandungan zat yang juga bisa diolah menjadi plastik. Berkembang zaman muncul variasi plastik yang lebih beragam dari plastik yang biasanya. Contohnya saja plastik akrilik yang terbuat kandungan zat asam akrilat yang diolah sedemikian rupa.

Begini Cara Pembuatan Plastik

Pembuatan plastik berasal dari beberapa bahan-bahan namun di masyarakat seringnya memakai biji plastik. Untuk lebih jelasny, maka silakans simak ulasan untuk membuat plastik dibawah ini, yaitu :

1. Menyiapkan Biji Plastik/Bahan Lainnya

Bahan dasar plastik biasanya terbuat dari biji plastik yang berasal dari plastik yang dicacah menjadi butiran-butiran kecil namun bisa juga memakai bahan lainnya. Biasa biji plastik berupa butiran yang berwarna putih yang bisa dari hasil daur ulang atau buat dari awal. 

Langkah pertama cara pembuatan plastik adalah menyiapkan biji plastik dan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Ketahui terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan agar saat proses membuat plastik tidak kesulitan.

2. Pelelehan Biji Plastik

Selanjutnya cara pembuatan plastik yaitu melelehkan biji plastik. Siapkan tabung pemanas yang akan digunakan untuk melelehkan biji plastik. Beberapa biji plastik dimasukkan ke dalam tabung tunggu hingga meleleh lalu kumpulan lelehan itu jadi satu. Setelah itu tuangkan lelehan biji plastik dalam cetakan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

3. Penekanan

Sebelum lelehan plastik diolah, cara pembuatan plastik selanjutnya dilakukan penekanan. Lelehan biji plastik dari tahap sebelumnya ditekan menggunakan alat. Tujuan proses penekanan ini agar hasil akhir plastik bisa menjadi lebih halus dan tidak sekasar saat awal. Hasil akhir akan baik apabila dari awal biji plastik sudah ditekan sampai halus.

4. Pemanasan Lelehan Plastik

Lelehan plastik yang berupa lempengan dipanaskan kembali menggunakan sebuah alat. Proses pemanasan membutuhkan  waktu beberapa menit tidak sampai waktu yang berjam-jam. Pemanasan lempengan lelehan plastik akan berguna untuk mempermudah proses selanjutnya. Tunggu proses pemanasan setelah selesai lalu tuang  kembali ke cetakan lainnya.

5. Dipindah Ke Cetakan Lainnya

Tahap pembuatan plastik yang terakhir adalah dipindahkan ke cetakan lainnya dengan cara ditiup. Akan ditiup terus menerus secara pelan-pelan agar berpindah ke tempat  lain. Peniupan dilakukan agar plastik yang tercetak tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

Itulah beberapa cara pembuatan plastik yang dapat diikuti jika ingin membuatnya. Tidak mudah untuk membuat plastik karena itu harus benar-benar dipahami terlebih dahulu sebelum benar-benar dipraktekkan. Tetap utamakan untuk menggunakan bahan plastik yang dapat didaur ulang sehingga jika proses pembuatan plastik gagal masih bisa diolah kembali.

Rianda

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads